Pages

TOPOLOGI JARINGAN

Topologi Jaringan komputer adalah aturan bagaimana terminal-terminal dalam suatu jaringan komputer disusun. Susunan ini akan menentukan metode akses dan media pengiriman yang digunakan. Topologi jaringan yang utama, yaitu:
  • 1. Topologi Bus
TOPOGI BUS yaitu semua terminal terhubung pada sebuah jalur komunikasi, informasi yang dikirim akan melewati seluruh terminal dalam jaringan tersebut. Jika alamat yang tercantum dalam informasi tersebut sesuai dengan alamat terminal, maka informasi tersebut akan diterima, jika alamatnya tidak sesuai, terminal yang dilewati akan mengabaikan informasi tersebut.Topologi ini menggunakan kabel coaxial untuk menghubungkan seluruh terminal dalam jaringan tersebut.

keunggulan memak
ai topologi Bus:
1. relatif lebih sederhana dan mudah dalam implementasinya cocok digunakan untuk jaringan skala kecil.
2. Biaya yang diperlukan juga relatif lebih murah dan kabel yang diperlukan juga lebih sedikit.
kelemahan memakai topologi Bus:
1. tidak cocok digunakan untuk jaringan dengan jumlah terminal yang banyak karena seiring dengan bertambahnya jumlah terminal, data yang mengalir di dalam jaringan tersebut akan bertambah banyak sehingga jika pada suatu waktu ada dua buah terminal yang mengirimkan data secara bersamaan, akan terjadi tabrakan atau yang dikenal dengan istilah collision.
2. jika salah satu terminal terputus dari jaringan maka operasional jaringan tersebut akan terganggu.

  • 2. Topologi Ring
TOPOLOGI RING yaitu Topologi yang mirip dengan topologi bus, bedanya pada topologi ring, kedua terminal yang berada di ujung saling dihubungkan sehingga menyerupai ring atau lingkaran.Topologi ini menggunakan kabel coaxial untuk menghubungkan seluruh terminal dalam jaringan tersebut.


keunggulan memakai Topologi Ri
ng:
1. topologi ini lebih cocok digunakan untuk jaringan dengan lebih banyak terminal.
kelemahan memakai Topologi Ring:
1. untuk mencegah collision, digunakan token yang berfungsi sebagai pengatur informasi dalam melewati jaringan tersebut. Sebuah terminal tidak dapat mengirimkan data sebelum terminal tersebut mendapatkan token. Dengan adanya token ini, maka masing-masing terminal memiliki kesempatan yang sama dalam melakukan transmisi data.
2. masing-masing terminal tergantung satu sama lain, jika ada salah satu terminal yang terganggu, seluruh jaringan juga akan terganggu.

  • 3. Topologi Star
TOPOLOGI STAR yaitu setiap terminal terhubung pada terminal pusat, komunikasi yang terjadi juga harus melalui terminal pusat. Perangkat jaringan yang dapat digunakan sebagai terminal pusat adalah HUB. Kabel yang digunakan untuk menghubungkan terminal pada jaringan ini adalah kabel UTP sedangkan konektornya disebu RJ-45.


keunggulan memakai Topologi Star
1. jika salah satu terminal terputus dari jaringan, tidak akan mengganggu kinerja terminal lain karena masing-masing langsung terhubung ke hub.
kelemaha memakai Topologi Star
1. mahalnya biaya implementasi karena menggunakan kabel yang relatif lebih banyak dan harus menyediakan sebuah hub untuk terminal pusatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

mymusic